Rabu, 14 Oktober 2009

Tips Brownies Kukus

Aku beberapa kali buat brownies kukus, tapi jadinya pasti teksture nya padat dan kalau pas di kukus mengembang besar, tapi setelah di angkat dari kukusan..adonannya mengkeret. Sempet baca beberapa tips di milis NCC mengenai cara pengaduk-an dan pengukusan Brownies kukus ini..biar jadi dengan sempurna. Tapi bgt aku praktek an kok mesti tetep aja..sama jadi nya. Padahal kalau aku baca dari share temen2 di milis, selalu di bilang Brownies Kukus itu tekstur nya lembut dan menul2..tapi kok aku mesti kurang menul2 ya..

Akhirnya, aku udah dapat beberapa jawaban dari kesalahanku kemarin. Jawaban ini bisa muncul karena, udah 2 hari ini aku dapat pesenan Brownies Kukus..

Ini aku tulis tips nya ya:

- Teliti bahan2 yang ada, jangan sampai ada bahan2 yg sudah g layak pakai (misalkan bau apek/sudah lama)..

- Siapkan loyang dan wadah adonan yg bersih dan kering

- Saat pengadukan, harus sampai benar2 kaku..tandanya, saat mixer diangkat..adonan yg ada di gigi mixer tidak jatuh ke bawah/saat tempat adonan di goyang..adonan tidak bergerak

- Campur tepung dan bahan lain ke adonan telur sampai benar2 rata..tapi mengaduknya jangan terlalu lama

- Saat adonan mau dimasukkan ke kukusan..Air kukusan harus sudah benar2 panas..

- Setelah adonan masuk kekukusan, kecilkan api kukusan..hingga hanya menyentuh pantat kukusan..

Semoga tips ini berguna buat pemula seperti aku..hehe..tapi selain tips, yg paling penting adalah banyak latihan..baru feel nya terasa..cieee..*yg baru keluar dari masalah brownies kukus nih..

Heheh..good luck teman..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar